Home » Berita Foto » Hari Lupus Sedunia

Hari Lupus Sedunia

Puskesmas Mulyorejo, 11 Mei 2021 – Tanggal 10 Mei adalah Hari Lupus Sedunia atau World Lupus Day yang selalu diperingatisetiap tahunnya. Pada peringatan di tahun 2021 ini, Hari Lupus Sedunia mengangkat pesan ‘Make Lupus Visible’. Artinya adalah membuat lupus terlihat. Seperti yang diketahui nih nawak, penyakit lupus ini memang masih dianggap remeh oleh beberapa pihak karena kondisi odapus yang terlihat baik-baik saja. Padahal, penyakit lupus ini bisa melemahkan penderitanya dari dalam tubuh. Sehingga tidak dapat diprediksi kapan tubuhnya akan mengalami penurunan kondisi.

Apa itu Lupus?

Lupus adalah penyakit autoimun sistemik yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ sendiri. Akibatnya, peradangan yang disebabkan oleh kondisi autoimun lupus tersebut dapat memengaruhi berbagai sistem tubuh termasuk persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, hingga paru-paru.

Penyebab dan Gejala Lupus

Penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan sering dikaitkan dengan terjadinya lupus. Beberapa pemicu munculnya gejala lupus adalah paparan sinar matahari, penyakit infeksi, atau obat-obatan tertentu.

Lupus dapat menyebabkan peradangan di berbagai organ dan bagian tubuh. Hal ini menyebabkan gejala lupus bisa berbeda pada penderitanya. Meski begitu, terdapat sejumlah gejala umum yang bisa terjadi, seperti nyeri dan kaku pada sendi, lelah, ruam kulit, sensitif terhadap sinar matahari, dan penurunan berat badan.

Pengobatan dan Pencegahan Lupus

Lupus tidak dapat disembuhkan. Pengobatan yang ada sebatas untuk meredakan keluhan, mencegah munculnya gejala, dan menghambat perkembangan penyakit. Metode pengobatannya bisa berupa pemberian obat-obatan, penerapan pola hidup sehat, dan pengelolaan stres dengan cara yang positif.

Lupus juga tidak dapat dicegah. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terkena lupus atau mencegah kambuhnya keluhan dan gejala. Contohnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, menghindari pemicu lupus, dan melakukan kontrol kesehatan ke dokter secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*