Home » Berita Foto » Seberapa Penting Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lansia?

Seberapa Penting Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lansia?

Puskesmas Mulyorejo | 23 September 2023 – Merawat kesehatan gigi dan mulut sangat penting, tidak terkecuali bagi lansia.

Lansia atau Lanjut usia adalah setiap orang yang berusia 60 tahun atau lebih, yang secara fisik terlihat berbeda dengan kelompok umur lainnya. Umumnya setiap orang akan mengalami proses menjadi tua dan masa tua adalah masa hidup manusia yang terakhir. Pada masa ini seseorang mengalami kemunduran fisik, mental, dan sosial hingga tidak melakukan tugasnya sehari-hari lagi dan bagi kebanyakan orang masa tua kurang menyenangkan.

Kita ketahui bahwa gigi memiliki fungsi untuk pengunyahan, berbicara, dan estetika. Gigi pada lansia mungkin sudah banyak yang rusak, bahkan copot sehingga memberikan kesulitan saat mengunyah makanan. Berkurangnya kemampuan mencerna makanan akibat kerusakan gigi atau ompong merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan gizi lansia. Tentunya kehilangan gigi pada lansia berdampak pada berbagai persoalan, di antaranya dampak psikologis seperti merasa malu, tegang, kehilangan selera makan, malnutrisi, tidur terganggu, kesulitan bergaul, menghindar untuk keluar, tidak memiliki teman, konsentrasi terganggu, hingga tidak dapat bekerja secara total. Kesehatan gigi merupakan salah satu aspek dari kesehatan seseorang yang merupakan hasil interaksi dari kondisi fisik, mental, dan sosial.

Yuk, cegah kerusakan gigi pada lansia yaitu dengan cara:

  1. Sikat gigi dua kali sehari, bersihkan gusi dan lidah
  2. Hindari makanan berlebihan gula
  3. Pilih makanan yang mudah dikunyah
  4. Bersihkan gigi palsu dengan lembut dengan air mengalir
  5. Perhatikan bila ada perubahan/kelainan pada mulut
  6. Konsultasi dokter gigi setiap 6 bulan

Yuk cegah kerusakan gigi pada lansia dan berikan perhatian khusus pada senyum berharga mereka!