Home » Berita Foto » CIKI NGEBUL, Waspada Nitrogen Cair pada Jajanan Anak!

CIKI NGEBUL, Waspada Nitrogen Cair pada Jajanan Anak!

Puskesmas Mulyorejo | 12 Januari 2023 – Apakah sudah tahu mengenai kasus Ciki Ngebul yang bahaya bagi kesehatan? Di balik keunikannya, sejumlah anak dilaporkan mengalami keracunan setelah mengonsumsi ciki ngebul loh.

Ciki Ngebul sendiri merupakan jajanan kekinian yang dikonsumsi anak-anak dan apabila saat dikonsumsi tidak hanya memberikan rasa dingin, tetapi juga sensasi mulut mengeluarkan asap. Asap pada makanan ini berasal dari nitrogen cair atau liquid nitrognen.

Bahaya nitrogen cair di jajanan ciki ngebul Seperti menyebabkan radang dingin, luka bakar, terutama pada jaringan lunak serta menimbulkan risiko sesak napas.

Agar kasus keracunan pangan akibat konsumsi ciki ngebul tidak semakin luas, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan langkah antisipasi atas kejadian tersebut.

Pertama, meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji yang diteken pada 6 Januari 2023.

Dalam SE disebutkan, Kemenkes meminta pemerintah daerah dan dinas kesehatan setempat untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan kepada pelaku usaha yang menggunakan nitrogen cair maupun masyarakat akan bahaya penambahan dan konsumsi nitrogen cair pada makanan siap saji.

Surat edaran terkait hal ini sudah keluar ya nawak2, harap waspada?!