Home » Berita Foto » Waspada Penularan Monkey Pox (Cacar Monyet)

Waspada Penularan Monkey Pox (Cacar Monyet)

Puskesmas Mulyorejo | 26 September 2022 – Hai #NawakTahesNgalam ! Kementerian Kesehatan telah mengumumkan pasien pertama terpapar cacar monyet di Indonesia. Pasien tersebut merupakan seorang pria berusia 27 tahun yang berada di DKI Jakarta dan memiliki riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia, dan Prancis sebelum tertular.

Cacar monyet sendiri dikenal dengan nama lain “Monkey Pox” merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus cacar monyet. Virus cacar monyet berasal dari famili yang sama dengan virus penyebab cacar. Oleh karena itu, gejalanya juga mirip dengan cacar biasa. Penyebab cacar monyet adalah virus cacar monyet yang merupakan anggota genus Orthopoxvirus dan famili Poxviridae.

Oleh Organisasi Kesehatan WHO (World Health Organization), cacar monyet sebetulnya sudah dinyatakan sebagai darurat kesehatan internasional sejak 23 Juli 2022 lantaran sudah terjadi di lebih dari 70 negara. Sebagai catatan, saat ini, sekitar 89 negara sudah melaporkan adanya kasus cacar monyet di negaranya.

Waspada Cacar Monyet! Lakukan perlindungan dan pencegahan dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatkan protokol kesehatan. Mari #NawakTahesNgalam kita bersama-sama menjaga diri. Jangan sampai serangan cacar monyet menjadi duka lain bagi masyarakat Indonesia.