Home » Berita Foto » 5 Pertanyaan tentang Imunisasi yang Paling Sering Ditanyakan

5 Pertanyaan tentang Imunisasi yang Paling Sering Ditanyakan

Puskesmas Mulyorejo | 1 Agustus 2022 – Hai #NawakTahesNgalam ! Moms, apakah punya pertanyaan seputar imunisasi? Aman dan efektifkah imunisasi pada bayi dan anak?

Imunisasi pada anak sangat penting dilakukan ya Moms agar setiap bayi dan anak mampu melawan penyakit menular dan berbahaya. Jika anak tidak diberikan imunisasi dasar lengkap, maka tubuhnya tidak punya kekebalan yang spesifik terhadap penyakit tertentu.

Masyarakat dan orang tua harus memahami info yang benar seputar imunisasi, agar tidak gelisah atau ragu karena isu yang salah. Tidak benar ya bahwa vaksin berbahaya, dibuat dari janin bayi, mengandung bahan berbahaya, hingga mengakibatkan autisme atau kematian.

Berikut merupakan 5 pertanyaan tentang imunisasi yang paling sering ditanyakan:

Mengapa anak saya perlu diimunisasi?

Menyelamatkan Nyawa Anak

Imunisasi lengkap sesuai usia memberi perlindungan optimal dari penyakit seperti campak, rubella, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, polio, meningitis, dan pneumonia.

Membentuk Perlindungan Kelompok

Bila cakupan imunisasi cukup tinggi dan merata di masyarakat, akan timbul perlindungan kelompok (herd immunity) yang dapat melindungi anak-anak yang memang tidak boleh menerima imunisasi akibat kondisi kesehatannya, dan juga mengurangi penularan penyakit pada kelompok usia dewasa termasuk ibu hamil serta bayi yang dikandungnya.

Apakah vaksin aman?

Vaksin aman dan efektif

Semua vaksin sudah melalui uji keamanan yang ketat, termasuk uji klinis, sebelumnya disetujui dan dapat diberikan kepada masyarakat. Kemungkinan anak jatuh sakit akibat penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin, seperti tetanus dan difteri, jauh lebih besar dibandingkan sakit akibat vaksin.

Apakah bahaya jika anak tidak diimunisasi?

Anak yang tidak menerima imunisasi lengkap dan tepat waktu lebih berisiko tertular penyakit. Anak yang sedang sakit dan tidak menerima imunisasi juga lebih berisiko menular orang lain di sekitarnya, bahkan menyebabkan wabah penyakit di lingkungan.

Bisakah saya menunda jadwal imunisasi?

  Salah satu cara terbaik untuk melindungi anak adalah dengan mengikuti jadwal vaksin yang direkomendasikan pemerintah. Semakin lama menunda imunisasi, semakin rentan anak terhadap penyakit.

Kunjungi puskesmas atau posyandu setempat, atau lihat jadwal imunisasi yang direkomendasikan oleh pemerintah di situs Kementerian Kesehatan.

Apakah aman mengimunisasi anak di masa pandemi?

Fasilitas kesehatan telah memiliki standar prosedur operasional tertentu untuk memastikan Anda tetap aman. Pastikan Anda juga mengikuti 8 langkah berikut:

  1. Sebelum pergi, pastikan Anda dan anak Anda sehat
  2. Pakai masker dan bawa buku KIA atau kartu imunisasi anak
  3. Datang ke fasilitas kesehatan atau posyandu sesuai jadwal imunisasi
  4. Begitu sampai, segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau dengan cairan pembersih
  5. Lakukan registrasi dan jaga jarak ketika menunggu
  6. Setelah selesai, cuci tangan lagi dengan air mengalir dan sabun atau cairan pembersih
  7. Mandi, cuci rambut, ganti pakaian, serta cuci kain atau gendongan anak begitu tiba di rumah
  8. Hubungi tenaga kesehatan jika anak Anda mengalami keluhan setelah imunisasi.

Salam sehat ?

Jangan lupa ya #NawakTahesNgalam untuk follow dan like media sosial Puskesmas Mulyorejo
✔️ Instagram : @puskesmasmulyoremalang
✔️ Twitter : @pkm_mulyorejo
✔️ Website : https://puskmulyorejo.malangkota.go.id/
✔️ Facebook : Puskesmas Mulyorejo
✔️ Youtube : Puskesmas Mulyorejo
✔️ Tiktok : PKM_MULYOREJO