Home » Berita Video » Penyuluhan DBD di RT 11 RW 03 Kelurahan Mulyorejo

Penyuluhan DBD di RT 11 RW 03 Kelurahan Mulyorejo

 

Puskesmas Mulyorejo | 20 Maret 2021 – Petugas puskesmas mulyorejo yang terdiri dari pemegang program DBD, petugas kesehatan lingkungan, perawat wilayah mulyorejo dan petugas promosi kesehatan telah melakukan kegiatan penyuluhan DBD dengan mengajak warga RT 11 RW 3 untuk ikut serta dalam kegiatan penyuluhan penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Kegiatan ini dilakukan dirumah salah satu warga di RT 11 RW 3 Kelurahan Mulyorejo.

Apa itu DBD ?
Di kalangan masyarakat banyak yang sudah mengenal apa itu DBD namun banyak juga yang masih memahami dengan apa itu DBD. Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit mudah menular yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue. DBD biasanya menginfeksi seseorang di pagi sampai sore hari menjelang petang. Penularan terjadi saat nyamuk menggigit dan menghisap darah seseorang yang sudah terinfeksi virus dengue, ketika nyamuk tersebut menggigit orang lain, maka virus akan tersebar.
Apa gejala DBD?
Umumnya gejala demam berdarah bersifat ringan, dan muncul 4–7 hari sejak gigitan nyamuk, dan dapat berlangsung selama 10 hari. Gejala biasanya menyerupai penyakit flu, dan bisa saja berkembang menjadi semakin parah jika telat ditangani. Beberapa gejala demam berdarah yaitu: Demam tinggi mencapai 40 derajat Celsius Nyeri kepala berat Nyeri pada sendi, otot, dan tulang Nyeri pada bagian belakang mata Nafsu makan menurun Mual dan muntah Pembengkakan kelenjar getah bening Ruam kemerahan sekitar 2–5 hari setelah demam Kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening Perdarahan dari hidung, gusi, atau di bawah kulit.
Bagaimana cara mencegah DBD?
Terdapat berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah demam berdarah, yaitu: Anak usia 9–16 tahun seharusnya divaksinasi dengue, sebanyak 3 kali dengan jarak 6 bulan. Selain itu, salah satu upaya yang penting dilakukan dalam pencegahan DBD adalah dengan melakukan 3M Plus.
3M Plus:
Memberantas sarang nyamuk yang dilakukan dalam dua kali pengasapan insektisida atau fogging dengan jarak 1 minggu
Menguras tempat penampungan air, seperti bak mandi, minimal setiap minggu
Menutup rapat tempat penampungan air dan melakukan daur ulang barang yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti
Plus: memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, memberikan larvasida, memasang kawat kasa dll.

Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*